MUHASABAH DIRI DI HARI KELAHIRAN

Menurut keterangan orang tua yang melahirkanku, aku dilahirkan di hari Minggu. Pada tahun 1972 hari Minggu ini jatuh pada tanggal 02 Juli. Pada tanggal inilah aku menuliskan tanggal kelahiran pada setiap biodata yang aku isi. Alhamdulillah pada tanggal itulah ada banyak keberkahan yang aku terima dan aku rasakan. Salah satu keberkahan yang sangat berharga bagiku adalah aku dapat ucapan selamat dan do’a dari keluarga, ikhwan dan akhwat semuanya, baik melalui ucapan langsung, telepon, sms, facebook ataupun BBM. Oleh karena itu, aku mengucapkan terima kasih kepada semuanya, semoga apa-apa yang telah diberikan kepadaku menjadi amal kebaikan dan moga di balas oleh Allah SWT yang berlipat ganda. Amin.

Pada hari kelahiran tahun ini, hatiku merasa sangat bahagia sekali walau dalam seharian saya berada dalam perjalan ke Ibu Kota Indonesia. Dan Alhamdulilah pada pukul 02.00 siang hari apa yang dicita-citakan pada hari itu menjadi kenyataan. Ini semua atas Izin dan Rida-Mu ya Allah dan berkat bantuan do’a, pikiran, dan semua kebaikan dari Ikhwan dan akhwat semuanya khususnya hamba Allah yang telah memberikan jalan kepadaku dan teman-temanku. Saya mengucapkan Syukur Alhamdulillah kepada-Mu Ya Allah dan mengucapkan banyak terima kasih kepada semuanya moga semunya dibalas oleh Allah SWT.

Disamping itu pada hari kelahiran ini saya terdorong untuk menuliskan apa-apa yang ada dalam pikiranku. Semoga tulisan ini menjadi motivasi buat saya sendiri atau bisa bermanfaat bagi yang sempat membaca tulisan ini.

Sesuai dengan hari kelahiranku yaitu hari MINGGU, maka saya berasumsi bahwa MINGGU singkatan dari Mangga Intropeksi, Nitenan Gerak Gerik Urang . Singkatan tersebut memberi inpirasi kepada saya untuk menuliskan sebuah tulisan yang bertema Muhasabah Diri di Hari Kelahiran.

Muhasabah mengandung arti merenung, melakukan intropeksi diri, mawas diri terhadap amal perbuatan yang telah kita lakukan kemudian melakukan perbaikan, dan peningkatan prestasi amal perbuatan seoptimal mungkin.

Perenungan ini merupakan bagian dari sebuah proses untuk menjadi insan\ kamil. Merenung untuk melakukan koreksi, perbaikan, dan peningkatan prestasi sangat penting untuk dilakukan. Hal ini didasari dengan firman Allah surat al Hasyr ayat 18:

Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (Akhirat), dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha teliti terhadap apa yang kamu kerjakan.

Hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Al-Tirmidzi dan Ibn Majah mengatakan bahwa :

Rasulullah SAW pernah bersabda, “ Bahagialah orang-orang yang sibuk memperhatikan aib diri sendiri ketimbang memperhatikan aib-aib orang lain” .

Hadits lain dengan rawi yang sama mengatakan bahwa :

“Setiap manusia pasti memiliki kesalahan dan yang terbaik diantara mereka ialah mereka yang segera bertaubat”.

Selain itu, kaitannya dengan muhasabah diri sahabat Rasulullah SAW telah memberikan suri tauladan bagi kita, seperti halnya Umar bin Khotob r.a. telah berkata: “ Hisablah diri kalian sebelum kalian di hisab”. Dan Sahabat Rasul yang lain yaitu Ali bin Abi Tahlib, setiap pagi bertanya kepada diri sendiri, “Apa perbuatan bermanfaat untuk orang lain yang harus aku lakukan hari ini?”. Selanjutnya ia bertanya kepeda diri sendiri, “Apa yang harus aku lakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT?”.

Demikian sekilas curahan pikiran saya, walau singkat tapi mudah-mudahan ada manfaatnya. Dan sebelum mengahiri tulisan ini saya akan sajikan puisi sebagai berikut :

 

Muhasabah Diri

 

Aku ini hanya manusia biasa

Banyak salah dan dosa

Diriku khilaf & lupa akan tugasku

Untuk selalu mengabdi kepada-MU

Lepaskan aku dari segala rasa bersalahku

 

Hanya kepada-Mu Ya Allah…

Aku meminta dan beribadah

Memohon hidayah-MU tuk memperbaiki diri

Ingin rasanya ku bahagia, menikmati kehidupan

Di Dunia nyata dan Akherat nanti

 

Bersyukur

 

Allah Tuhanku Yang Maha Terpuji

Besyukur sekali ku lahir kedunia ini

Diberi umur dan segala ni’mat karunia-Mu

Untuk bisa menjalani kehidupanku

Laa Ilaha Illallah (Tiada Tuhan Selain Allah)

 

Hanya kepada-Mu Ya Allah…

Aku memohon dan menyembah

Moga aku menjadi…

Insan yang bertaqwa, berilmu dan beramal

Dalam menata hidup masa depan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

abdulhamid72blog

Hidup itu Perlu Perjuangan

%d blogger menyukai ini: