MEMAKNAI HARI KELAHIRAN

Dengan menyebut Asma-Mu Ya Allah, aku bersyukur kepada-MU Ya Allah.  Aku telah dikarunia berbagai ni’mat oleh-MU Ya Allah. Dengan berbagai ni’mat itulah aku tidak terasa umurku hari ini telah bertambah.

            Sebagai manusia biasa, aku sempat merenung akan segala karunia-Mu yang Allah berikan kepadaku . Dalam menjalani kehidupanku, aku sadar tidak lepas dari aktivitas yang benar dan salah. Oleh karena itu patut kiranya kita bertafakur dan besyukur ke Dzat Allah yang Maha Ghofur.

            Dengan goresan tulisan ini, ku ingin berbagi curahan hati, berbagi rasa serta sharing dalam memaknai hari kelahiran. Moga tulisan ini bias menjadi pecut atau pengingat khususnya bagiku, umumnya bagi pembaca yang sempat membacanya.

Ada beberapa hal yang bisa kita petik dalam memaknai hari kelahiran, diantaranya :

Pertama, bahwa hari kelahiran bisa kita gunakan sebagai muhasabah diri, evaluasi diri atau intropeksi diri,  sejauhmana kita dapat mereflesikan diri kita dalam merealisasikan TUPOKSI kita, baik sebagai hamba atau pun sebagai makhluk sosial. Sebagai hamba kita bisa muhasabah diri kita, apa tugas dan fungsi kita sebagai hamba ini bisa di jalankan apa belum, dan bagaimana intensitasnya? Hal ini perlu perenungan yang sangat serius terhadap diri kita sendiri. Begitu pula dalam jabatan kita sebagai makhluk sosial, kita bisa muhasabah diri. Apakah kita hidup diantara masyarakat bisa manfaat atau madharat bagi orang-orang diseliling kita. Salah satu keterangan mengatakan bahwa : “Sebaik-baik manusia adalah orang dapat memberi manfaat untuk manusia lainnya”.  Hal ini pun perlu perenungan yang mendalam terhadap aktivitas kita dalam kehidupan sehari hari.

            Kedua, bahwa hari kelahiran bisa dijadikan papan tolakan kita untuk lari dalam memperbaiki diri kita. Setelah kita muhasabah,mengevaluasi atau mengintropeksi diri kita, langkah selanjutnya kita bisa memperbaiki diri. Artinya bahwa jika hasil evader kita nilainya jelek tentu kita harus memperbaikinya dan meninggalkan yang jeleknya, atau jika hasilnya baik maka kita harus meningkatkannya kea rah yang lebih baik. Salah satu soluasinya kita gunakan teori manajemen dengan menjalankan POAC (Planing, Organizing, Actuiting,dan Controling) dalam menjalankan hidup kita ke depan.

            Ketiga, bahwa hari kelahiran bisa dijadikan pengingat untuk bersyukur ke Dzat  Yang Maha Ghofur. Setiap  makhluk tentu akan diberikan oleh Sang Kholiknya berbagai kenikmatan. Dengan nikmat yang telah diberikan, banyak orang yang terlena dan lupa akan Sang Pemberinya. Manusia yang paling baik adalah orang yang pintar bersyukur dan jika kita pintar bersyukur akan nikmat yang telah diberikannya, janji Allah akan menembahnya atas nimat-nimat itu  Sebagaimana firmanNya  dalam Al Qur’n Surat Ibrahim  ayat 7:

øŒÎ)ur šc©Œr’s? öNä3š/u‘ ûÈõs9 óOè?öx6x© öNä3¯Ry‰ƒÎ—V{ ( ûÈõs9ur ÷LänöxÿŸ2 ¨bÎ) ’Î1#x‹tã ӉƒÏ‰t±s9 ÇÐÈ

Artinya :

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu mema’lumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menembah (ni’mat) kepadamu. Dan jika kamu mengingkari (ni’mat-Ku) , maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS. Ibrahim : 7).

            Kempat, Mari kita jadikan hari kelahiran sebagai sarana untuk berdo’a. Segala aktivitas yang kita jalankan tentu tidak lepas dari Ijin Allah. Oleh karena itu sebagai hambanya tentu harus memohon kepadaNya. Hal ini diperintah oleh Allah SWT, sebagaimana Firmannya dalam Al Qur’an Surat Al Baqorah ayat 186:

#sŒÎ)ur y7s9r’y™ “ÏŠ$t6Ïã ÓÍh_t㠒ÎoTÎ*sù ë=ƒÌs% ( Ü=‹Å_é& nouqôãyŠ Æí#¤$!$# #sŒÎ) Èb$tãyŠ ( (#qç6‹ÉftGó¡uŠù=sù ’Í< (#qãZÏB÷sã‹ø9ur ’Î1 öNßg¯=yès9 šcr߉ä©ötƒ ÇÊÑÏÈ

Artinya : “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku. Maka ketahuilah bahwa Aku adalah dekat dan Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a, apabila ia berdoa kepada-Ku. Karena itu, hendaklah memenuhi segala perintah-Ku. Dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”. (QS. Al Baqoroh : 186).

Moga tulisan ini dapat bermanfaat, khusus bagi penulis umumnya bagi pembaca. Dan sebelum mengahiri tulisan ini saya akan sajikan puisi sebagai berikut :

PERMOHONAN DI HARI KELAHIRAN

 

A ku berlindung kepada-Mu ya Rabb

B ismillahirrohmanirrohiim

D engan bersyukur kepada-Mu ya Allah

U murku telag bertambah

L impahan ni’mat-Mu telah kuterima

 

H ari ini hari kelahiranku

A ku memohon kepada-Mu ya Rabb

M elindungiku saat bahagia dan pilu

I ngin rasanya sehat dan sukses selalu

D alam menghadapi masa depanku

 

S emoga berkah dalam hidupku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

abdulhamid72blog

Hidup itu Perlu Perjuangan

%d blogger menyukai ini: